TA RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DAN PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN MASJID AL -MUHANDIS POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN TUGAS AKHIR

Main Article Content

Muhammad Kemal Idris

Abstract

Dalam pembangun suatu konstruksi memerlukan rencana anggaran biaya. Rencana anggaran biaya merupakan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun bangunan tersebut dari awal sampai akhir pekerjaan proyek tersebut. Anggaran biaya digunakan sebagai tolak ukur produktifitas kerja pelaksana konstruksi, perhitungan pajak, keuntungan, serta berbagai macam evaluasi yang diperlukan dalam kegiatan proyek. Manfaat dari tugas akhir ini antara lain Mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh pada saat waktu kuliah .


Membangun suatu konstruksi dibutuhkan beberapa syarat untuk menghitung anggaran biaya , antara lain gambar rencana konstruksi , peraturan dan syarat-syarat , analisa perhitungan biaya dan beberapa syarat lainya. upah tenaga kerja , lokasi pekerjaan serta kondisi pekerjaan. Standarisasi harga untuk upah tenaga kerja dan bahan material menggunakan data yang didapat dari Dinas Pekerjaan Umum SNI 2018 kota Balikpapan.


Hasil dari menggunakan analisa harga metarial dan upah SNI 2018 kota Balikpapan , pembangunan Masjid Al-Muhandis dengan luas 362,488 m2 tersebut memerlukan biaya sebesar Rp 1,384,377,000.00- atau harga per m2 dalam bangunan tersebut seharga Rp 3.992.857,-. Waktu pelaksanaannya dalam kurva S selama 154 hari atau 6 bulan 2 minggu , dengan durasi 1 minggu sama dengan 7 hari kerja.


Kata kunci : anggaran biaya, durasi proyek, analisa perhitungan biaya

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Muhammad Kemal Idris, “TA RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DAN PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN MASJID AL -MUHANDIS POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN”, JUTATEKS, vol. 3, no. 2, pp. 91 - 100, Sep. 2019.
Section
Articles

References

Dinas Pekerjaan Umum, (2018). Analisa Harga Satuan Pekerjaan. Balikpapan.
Erna Himawati, Tony Jusuf (2007). Memahami Kontrak Kerja Membangun Rumah. Depok: Penebar Swadaya.
Herwansyah, Diyan (2009). Estimasi Anggaran Biaya Konstruksi dan Rencana Penjadwalan Tahap Desain pada Pembangunan Kampus BSI Margonda – Depok (Artikle tugas akhir).
Ir. a. Soedrajat. S, (1994) : Anggaran Biaya pelaksanaan lanjutan. Bandung: Nova.
I. Ervianto, Wulfram (2001). Cara Cepat Menghitung Biaya Bangunan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Muhammad Taufi Mutofa, (2011). Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Penjadwalan Gedung Akomodasi 3 Lantai. Tugas akhir, jurusan teknik sipil, politeknik negeri balikpapan: Balikpapan.
Mukomoko, I. J. (1985). Dasar Penyusuna Anggaran Biaya Bangunan. Jakarta:
Gaya Media Pratama.
ST. Irawan, Yanto (2007). Panduan Membangun Rumah. Jakarta: Kawan Pustaka.